Rabun Jauh atau Myopia atau Mata Minus

Selamat Malam para pembaca setia ikhsan.us ( baru 2 posting emang udah ada yg setia? haha ) hari ini, di postingan ini ,gw mau membuat postingan ke 2 di blog gw ini (halah ribet tulisanya). Awalnya bingung ingin menulis apa, Akhirnya muncul ide untuk membahas tentang salah satu kelainan mata yaitu Rabun Jauh atau Myopia atau Mata Minus , ya berhubung gw bekerja di optik jadi sekalian sharing tentang kelainan mata yang satu ini. 

Kalian sudah tahu sebelumnya tentang Rabun Jauh atau Myopia atau Mata Minus ini? atau kalian mengalaminya ? atau ada saudara dari kalian yang mengalaminya? dan seberapa tahu kalian tentang Rabun Jauh atau Myopia atau Mata Minus ini? mari simak ringkasan singkat tentang Rabun Jauh atau Myopia atau Mata Minus ini :)


Apakah Myopia atau Rabun Jauh itu?

Myopia adalah keadaan dimana mata seseorang kesulitan melihat benda atau objek yang jauh ,tapi tidak masalah saat melihat benda atau objek yang dekat.
rabun jauh
Ilustrasi by @ikhsanhafiyudin

Myopia ini salah satu kelainan kesehatan yang populer loh! , ada sekitar 20% - 30% orang di dunia mengalami Myopia. Bagi anda yg merasa mengalaminya jangan khawatir dan jangan takut, karena kelainan atau Gangguan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan bantuan kaca mata, lensa kontak atau operasi. 

Apasih Penyebab Myopia ini?

Banyak banget yang bertanya soal ini selama gw bekerja di optik. . Jawabanya sangat rumit sih, tapi gw akan bahas singkat dengan bahasa umum yang mudah mudahan bisa dimengerti
Sebelumnya kalian harus tau dulu tentang bagian mata. Berikut  adalah sebagian dari bagian mata kita yg mempengaruhi Myopia:

  • Kornea: kornea adalah bagian mata yang menjadi tempat masuknya cahaya
  • Lensa Mata; cahaya yang masuk lewat kornea tadi akan bertemu denga si lensa ini, lalu lensa memfokuskan cahaya tadi ke Retina
  • Retina: Retina menerima cahaya dari si lensa lalu merubahnya menjadi sinyal saraf dilanjutkan ke otak, dan otak akan membaca dalam bentuk sebuah gambar. Jika cahaya yang diteruskan lensa tadi jatuhnya di depan si retina maka objek yang dihasilkan otak tadi tidak jelas alias buram , nah inilah yang disebut Myopia.
Sebenarnya masih adalagi bagiannya, tapi menurut saya 3 bagian ini sudah cukup :)
Myopia biasanya disebabkan dari aktivitas yang terlalu sering untuk fokus melihat dekat dalam waktu yang lama seperti membaca buku (baca juga: baca buku sambil tiduran bisa buat rabun jauh juga gak sih? ), main hp, main komputer, dan lain lain. Untuk itu jika kalian sedang melakukan aktivitas dekat tersebut usahakanlah untuk setiap 10/15 menit sekali melihat jauh untuk mengurangi resiko dari Myopia ini.

Namun banyak juga yang disebabkan dari keturunan, atau dari lahir. Salah satunya dari bentuk matanya yang memanjang sehingga cahaya yang tadi sudah dijelaskan jatuh di depan (tidak tepat di) retina.

Gw rasa penjelasan diatas sudah cukup, jika ada yang ingin ditanyaan jangan sungkan untuk menuliskan komentar / pertanyaan di bawah ya :)

mohon maaf jika ada salah dalam penjelasan dan mudah mudahan artikel tentang Rabun Jauh atau Myopia atau Mata Minus ini bisa bermanfaat untuk semuanya .  nanti dikesempatan lain InsyaAllah akan gw sharing tentang gangguan kelainan mata lainnya , terima kasih :)

5 komentar:

  1. alhamdulilah saya masih normal mas matanya :) engga ada minus nya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah mba ipah :) terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

      Hapus
  2. postingannya keren. eh tapi itu kalo baca buku sambil tiduran bisa buat rabun jauh juga gak sih? #my habbit soalnya huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. membaca sambill tiduran bisa mengakibatkan rabun ka, ingin tau alasanya? nanti saya bahas di postingan selanjutnya. ditunggu ya :)
      terima kasih sudah berkunjung ke blog ini

      Hapus
    2. pertanyaan kamu sudah terjawab disini -> http://www.ikhsan.us/2014/12/baca-buku-sambil-tiduran-bisa-buat.html

      Hapus

Bijaklah dalam berkomentar